Jurnal Cipta mengundang siapa pun untuk menulis Gurat Warga. Gurat Warga diadakan dengan keyakinan bahwa setiap orang berpeluang untuk menjadi penulis, termasuk penulis seni yang bermutu.

Panjang Gurat Warga maksimal sekitar 1000 (seribu) kata, dan akan dimunculkan di situs Jurnal Cipta secara berkala. Tema yang diangkat bisa apa saja asalkan berkaitan dengan seni. Tulisan dapat berupa timbangan buku, tinjauan pertunjukan, ulasan pameran, dsb.

Yang dikejar oleh Gurat Warga terutama adalah partisipasi penulis-warga (citizen journalist). Cukup banyak penulis muda di Jakarta, dan terutama di luar Jakarta, yang seringkali belum mendapat ruang di media cetak yang mapan. Karya para penulis lokal di luar Jakarta pun kerap dihargai secara kurang memuaskan. Jurnal Cipta mencoba memberikan alternatif. Selain memperoleh ruang yang lebih lapang, dan bantuan penyuntingan naskah, penulis yang berpartisipasi akan mendapat honor sebesar Rp 200.000 (Duaratus Ribu Rupiah). Dibayangkan bahwa di antara para penulis warga ini, akan ada yang diundang untuk menjadi penulis Riset dan Hablur.

Riset yang akan didanai oleh Jurnal Cipta, diputuskan oleh redaksi setelah mempelajari proposal riset. Proposal hendaknya ditulis secara ringkas, tak lebih dari 3000 (tiga ribu) kata.

Naskah gurat, dan proposal riset, bisa dikirim ke:

  • redaksi@jurnalcipta.com
  • info@jurnalcipta.com

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: